Pendaftaran

MPKD-UGM. Pendaftaran calon mahasiswa baru program pascasarjana MPKD periode Tahun Ajaran 2015/2016 semester Gasal akan dibuka secara online pada tanggal : 12 November 2015. Bagi calon mahasiswa silahkan untuk masuk ke website pendaftaran calon mahasiswa baru di : um.ugm.ac.id. Semua persyaratan sudah tercetak di dalam laman tersebut. Penutupan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana MPKD pada tanggal : 5 Januari 2016.Adapun prosedur untuk pendaftaran calon mahasiswa pascasarjana adalah calon mendaftar secara online untuk membuat akun, setelah selesai pendaftaran akan mendapatkan email balasan maka silahkan untuk melengkapi data-data yang diperlukan, waktu yang diperlukan untuk mengunggah mandiri adalah 1×24 jam.Jika sudah mendapatkan  kode registrasi silahkan anda membayar di bank mitra yang ditunjuk. Berikut mekanisme pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru program pascasarjana MPKD :

Ragam Jalur Seleksi Program Pascasarjana UGM T.A. 2015/2016

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana T.A. 2015/2016 melalui 3 (tiga) jalur, yaitu:

  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia. Pelamar BPPDN termasuk dalam kategori ini.
  2. Jalur Kerjasama
    Diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.
  3. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA).

Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016

  1. Mempunyai ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut).
    Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Mempunyai IPK S1 sebagai berikut:
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

    Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.

    Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi atau surat keterangan sedang proses akreditasi dari pimpinan Perguruan Tinggi, maka program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:

    1. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
    2. Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

    Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.

  3. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  4. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat dengan nilai minimal 500;
  5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan dengan nilai : 450, adapun yang bisa digunakan adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  6. Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.

Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2015/2016

Jalur Reguler Biaya Sendiri & Jalur Kerjasama

    1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat disini.
    2. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini.
    3. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini.
    4. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
    5. Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 50KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
No Dokumen Format
1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *.jpg
2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *.pdf
5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) *.pdf
6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
  • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
*.pdf
7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
*.pdf
8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
Khusus spesialis FK diganti dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih minimal 4 bulan saat mulai pendidikan. Surat perpanjangan STR tidak berlaku.
*.pdf
9 Syarat khusus:

  • Pelamar S2:
    1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
    2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
  • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
*.pdf
10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini) *.pdf
  1. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Download (PDF, 1.28MB)

Download (PDF, 967KB)

Download (PDF, 1006KB)

Download (PDF, 1.05MB)

Download (PDF, 1.13MB)

Download (PDF, 1.65MB)

Download (PDF, 1.45MB)

Download (PDF, 1.45MB)

Download (PDF, 1.39MB)

Untuk selengkapnya silahkan saudara amsuk di web : um.ugm.ac.id.